3 Hal wajib tentang puasa | Syarat puasa, Rukun puasa, Membatalkan puasa

Ada 3 Hal wajib kamu ketahui tentang puasa. Syarat Puasa, Rukun puasa dan hal yang membatalkan puasa


SYARAT PUASA 

Hal utama Syarat puasa terbagi menjadi dua macam.  Pertama adalah syarat wajib puasa, Kedua adalah syarat sah puasa adapun penjelasan dari penjelasan dari dua Syarat Puasa berikut

1. Syarat wajib puasa 

      Syarat wajib puasa adalah hal-hal yang membuat seseorang menjadi wajib untuk melakukan puasa, bila salah satu syarat ini tidak terpenuhi pada diri seseorang, maka puasa ramadhan itu menjadi tidak wajib atas dirinya, atau malah sebaliknya, puasa ramadhan hanya menjadi mubah, sunnah, atau malah haram dan adapun syarat-syarat yang mewajibkan seseorang harus berpuasa antara lain:

• Beragama islam 
• Baligh 
• Berakal 
• Sehat 
• Mampu 
• Tidak dalam perjalanan 
• Suci dari haidh dan nifas 

2. Syarat sah puasa 

      Syarat sah puasa adalah semua hal yang membuat ibadah puasa menjadi sah hukumnya, Bila salah satu syarat ini tidak ada, maka ibadah itu tidak sah hukumnya, sedangkan syarat wajib adalah hal-hal yang bila terpenuhi pada diri seseorang dan puasa menjadi wajib atas dirinya.

Sedangkan syarat sah adalah syarat yang harus dipenuhi agar puasa yang di lakukan oleh seseorang  itu menjadi sah hukumnya di hadapan allah swt.

Dan ada beberapa yang termasuk tentang syarat sah puasa sebagai berikut:

• Niat
• Islam 
• Suci dari haidh dan nifas 
• Pada hari yang di perbolehkan 

RUKUN PUASA 

Puasa mempunyai dua rukun yang menjadi inti dalam berpuasa dan ibadah, dimana tanpa kedua Rukun tersebut itu, maka puasa menjadi tidak sah di sisi allah swt 

Dua rukun puasa itu adalah Niat dan Imsak adapun penjelasan nya sebagai berikut 

1. Niat 

     Niat adalah rukun yang pertama dari dua rukun puasa menurut jumhur ulama, namun beberapa ulama tidak memasukkan niat kedalaman rukun puasa, melainkan memasukkan kedalam syarat sah puasa. 

2. Imsak 

     Imsak dalam rukun islam kedua adalah imsak yaitu menahan diri dari segala yang membatalkan shalat, sejak dari terbit nya fajar hingga masuk nya waktu malam, yang di tandai dengan terbenam nya matahari. 

YANG MEMBATALKAN PUASA 

• Makan dan Minum 

  Di antara hal yang membatalkan puasa dan termasuk paling populer saat ini adalah makan dan minum 

1. Dalil 
     
    Para ulama sepakat bahwa makan dan minum termasuk yang membatalkan puasa dengan dasar dalilnya berupa firman Allah SWT :
Ayat ini menggambarkan tentang apa saja yang boleh di lakukan pada malam hari sebelum terbitnya fajar, yaitu makan dan minum, sehingga pengertian sebaliknya adalah makan dan minum merupakan hal yang terlarang dilakukan ketika sudah masuk waktu fajar 

2. Batasan Makan atau Minum 

    Setidaknya teman teman ada dua batasan makan dan minum yang sering di sebut oleh para ulama. Pertama, Adanya Benda yang masuk yang melewati ketenggorokan, Kedua, adanya makanan yang masuk kedalam rongga badan. 

3. Merokok 

    Seluruh ulama sepakat bahwa mengisap rokok dapat membatalkan puasa, Alasannya karena merokok sama dengan makan dan minum, namun mereka sepakat bahwa asap rokok terhisap asalkan bukan dalam konteks merokok, maka hal itu dianggap tidak membatalkan puasa. 

4. Jima

    Selain itu makan dan minum ada juga hal yang dapat membatalkan puasa adalah jika atau disebut hubungan seksual 

5. Mengeluarkan mani dengan sengaja 

    Meskipun kriteria jima menurut jumhur ulama adalah masuk nya kemaluan laki - laki kedalam kemaluan perempuan, namun para ulama menyebutnya bahwa mengeluarkan mani membatalkan puasa namun keluar mani kesengajaan adalah mimpi basah maka puasa nya tidak batal 

6. Muntah 
   
    Umumnya para ulama sepakat bahwa muntah yang di luar kesengajaan itu tidak membatalkan puasa, yang membatalkan puasa adalah muntah di sengaja maka puasa nya batal 

7. Kehilangan Rukun atau syarat sah puasa 

8. Mendapatkan Haidh atau Nifas 

Oke teman-teman sekian trimakasih semoga bermanfaat 
    


    





    

0 Response to "3 Hal wajib tentang puasa | Syarat puasa, Rukun puasa, Membatalkan puasa "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel